Sunday, November 16, 2014

GWC : Create Your Own Legend


15 November 2014 merupakan momen yang monumental bagi Genshiken ITB. Bagaimana tidak, selain suksesnya pagelaran presentasi TA Calon Staff Genshiken ITB 2014 yang menuangkan total 25 (!) karya inovatif, untuk pertama kalinya dalam sejarah Genshiken ITB terdapat seorang pemenang Writing Challenge yang masih berstatus sebagai Calon Staff pada detik ia dinobatkan sebagai sang juara. Ya, Ted Kesgar // tkesgar - seorang Calon Staff Genshiken ITB 2014 yang bertugas sebagai ilustrator dalam tugas TA yang digelutinya - berhasil mengalahkan sembilan entri lainnya dalam Writing Challenge pemecah rekor entri terbanyak (hingga detik ini).

Entri yang membawanya menggapai posisi puncak - Zielverhuiser - mungkin akan kami cantumkan pada blog ini suatu saat, namun untuk saat ini kita tinggalkan sejenak euforia Writing Challenge bertemakan 'UJIAN' tersebut. Presentasi TA Calon Staff Genshiken ITB 2014 Sabtu lalu telah membawa angin segar kepada ragam divisi yang tergabung di bawah bendera Genshiken ITB. Ya, Divisi Story bukanlah pengecualian.

Salah satu presentasi TA yang lumayan disorot akan konsepnya yang relatif matang adalah 'Legenda Sungai Cikapundung' yang digawangi oleh M. Fathur, di mana sang penulis berusaha untuk membuat suatu epik fiktif yang menceritakan asal-muasal Sungai Cikapundung (yang notabene berlokasi relatif dekat dengan area kampus). Walaupun masih dinilai kurang dalam segi kepenulisan dan kesiapan cetaknya, para anggota Divisi Story sepakat untuk mengambil konsep 'mengarang suatu legenda fiktif akan sesuatu yang nyata' ini sebagai topik Writing Challenge selanjutnya dalam suatu rapat yang diselenggarakan dalam rangka mengevaluasi TA-TA yang terkumpul.

Adapun ketentuan-ketentuan pada Writing Challenge ini tertuang sebagai berikut :

  • Deadline : 17 Desember 2014
  • Konten minimal mengandung 100 kata, dan mengandung suatu legenda karangan sendiri
  • Legenda yang dimaksud tidak boleh merupakan penceritaan ulang dari legenda yang sudah ada/mengandung unsur-unsur dari suatu legenda yang sudah ada
  • Konten dikirim ke alamat e-mail story.genshiken.itb@gmail.com
  • Jangan lupa untuk mencantumkan 'Writing Challenge : Create Your Own Legend' (atau kata-kata sejenis yang representatif) sebagai subject e-mail, beserta identitas (nama/ID Forum) pada e-mail sebagai tanda pengenal

Akan sangat panjang apabila keseluruhan seluk-beluk TA Calon Staff Genshiken ITB 2014 dituangkan di sini. Untuk saat ini, silahkan menikmati rangkaian melodi familiar yang telah diaransemen ulang berikut (yang notabene juga merupakan salah satu TA yang dipresentasikan) sebagai penyemangat Anda semua dalam menulis.

Kompetisi kepenulisan ini terbuka bagi seluruh Staff maupun Calon Staff Genshiken ITB. Selamat berkarya!

No comments:

Post a Comment